Minggu, 04 Desember 2011

Koneksi database dengan JAVA

Sementara database yang saya pakai adalah MySQL, namun tidak menutup kemungkinan bahwa kedepannya database yang saya pakai nanti adalah Oracle. Sebab antara MySQL dan Oracle bahasanya tidak jauh berbeda, sebab bahasanya standart query.

Tulisan ini ditujukan bagi seseorang yang sudah mempunyai database di MySQL dan tinggal membuat koneksi dengan java-nya. Saya menggunakan MySQL versi 5.0 dan tool editor java berupa Eclipse. Bagaimana cara memulainya?

Install Driver Connector MySQL
1. Buat database jika belum memiliki, sebagai contoh saya adalah database tentang infonegara di MySQL.
2. Download driver MySQL connector dan kemudian extract format .zip tersebut.
3. Cari file bernama mysql-connector-java-5.0.8-bin.jar. Versi conector java bisa berbagai macam versi, sedang yang saya memakai adalah versi 5.0.
4. Copy file tersebut kedalam lib direktori project web application.
5. Buat project java baru dan edit build path-nya. Misalnya File>new>java project.
6. Setelah terbentuk project file baru, perluas project tersebut dan klik kanan pada JRE Syetem Library.
7. Pilih bulid path > configure bild path. Contoh screenshoot nya adalah demikian:
8. Klik Add JARs > dan cari file mysql-connector-java-5.0.8-bin.jar > klik OK. Dengan demikian driver koneksi sudah di install pada project java.
Setelah itu kita coba driver tersebut apakah berhasil atau tidak. Untuk itu buat file java class baru dengan Eclipse.
1. File > new > class > nama project (misal teskoneksi)
2. Masukkan kode program berikut. Sebelumnya perlu diketahui bahwa database yang saya pakai bernama "infonegara",dengan nama user di MySQL "java" dan password "java" dan localhost : 8080. Sehingga kode
3. Jalankan program, dan jika berhasil koneksi dengan database MySQL maka akan terlihat tulisan "Koneksi berhasil"

0 komentar:

Posting Komentar